Layanan pelanggan yang hebat akan membawa mereka kembali dan kembali lagi. Inilah yang perlu Anda ketahui!
Perhatikan layanan pelanggan Anda. Jangan sampai frontliner yang Anda tunjuk bersikap kasar, terlihat meremehkan atau ceroboh. Mengapa? Karena hal itu bakal jadi bencana besar bagi bisnis Anda.
Mikha Solomon, konsultan layanan pelanggan dan penulis “ High-Tech, High-Touch Customer Service” dikutip Business.Time.com mengatakan bahwa layanan pelanggan dengan buruk dapat menghancurkan reputasi dan bottom line bisnis Anda.
Tapi jika Anda melakukannya dengan benar, layanan pelanggan bisa menjadi peluang yang sangat besar bagi bisnis Anda dan membedakan diri dari kompetitor.
Menurut Salomon, kita hidup di zaman di mana bisnis dapat berkembang dan mati hanya berdasarkan bagaimana cara kita melakukan pendekatan kepada pealanggan.
Berikut adalah 4 Kiat Lama yang Masih Mujarab untuk Melayani Pelanggan:
Berikan produk dan layanan berkualitas. Apakah Anda ingin membeli produk atau dilayani dengan buruk? Tentu saja tidak. Jadi kenapa Anda melakukan itu kepada pelanggan Anda sendiri? Ingatlah, cara terbaik untuk mengurangi keluhan pelanggan adalah dengan menyediakan poduk dan layanan berkualitas tinggi.
Layanan yang baik. Tidak ada yang peduli seberapa baik produk Anda, jika Anda menawarkannya dengan cara yang buruk. Pelanggan sangat menghargai kepedulian dan perhatian Anda, dan mereka cenderung membenci dengan yang namanya alasan.
Jangan membuang waktu. Tidak banyak konsumen yang sabar, dan di era digital seperti sekarang, pelanggan tidak akan menunggu Anda. Jika Anda tidak dapat memberikan apa yang pelanggan inginkan, mereka akan beralih ke yang lain ketimbang harus membuang-buang waktu.
Permudah pelanggan mendapatkan solusi. Bukan tak mungkin pelanggan enggan mendatangi tempat Anda untuk menyampaikan complain. Maka, tak ada salahnya Anda menyediakan saluran dimana pelanggan bisa menghubungi Anda. Dengan begitu pelanggan cukup menelpon dan staf/teknisi Anda akan datang ke tempat pelanggan.
Editor: Wahid FZ