Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

4 Hal yang Membuat PR Sukses di 2014

Tahun baru berarti awal baru, waktu yang tepat untuk melakukan perombakan di berbagai lini bisnis, termasuk PR.

Jika sebelumnya Anda berhasil menjadi PR sukses dengan hanya mengandalkan event atau update produk, kini di tahun 2014, ada empat poin penting yang patut Anda perhatikan.

1. Bukan hanya promosi, tapi lihat apa yang diinginkan

Mungkin sebelumnya Anda berhasil menjadi PR sukses hanya dengan menggembar-gemborkan update produk terbaru atau penghargaan yang baru saja diraih. Sayangnya, hal tersebut mungkin tidak akan terlalu berhasil pada tahun 2014. Karena dua hal itu bukanlah berita, kecuali Anda bekerja di perusahaan kenamaan seperti Apple atau Google yang memang perkembangannya selalu diikuti masyarakat.

Sebaiknya pikirkan, apa yang sekiranya diinginkan oleh awak media. Untuk menjawabnya, Anda perlu menganalisis berbagai tren dan statistic, serta pikirkan hal apa yang bisa membuat bisnis Anda memengaruhi kehidupan masyarakat. Semua itu lebih layak diberitakan, ketimbang update produk terbaru.

2. Tidak hanya ikutan, tapi memberi bantuan

Apa yang Anda lakukan di tahun 2013? Apakah Anda sering berkonsultasi dengan klien dan memberi bimbingan/bantuan untuk komunikasi perusahaan? Atau hanya melakukan apa yang diminta perusahaan?

Jika Anda melakukan hal yang kedua, berarti Anda harus banyak belajar lagi. Pasalnya, sudah menjadi tugas PR untuk memandu klien dan para eksekutif di sebuah perusaahan. Jalankan hal itu dan pertahankan sikap Anda, maka Anda akan disegani oleh seluruh petinggi perusahaan, serta dihormati rekan media.

3. Pertimbangkan apa yang tidak dipertimbangkan sebelumnya

Jika memiliki sedikit waktu luang, ada baiknya untuk memeriksa pekerjaan Anda. Bekerja sama lah dengan klien untuk mencari tahu apa-apa saja strategi yang berjalan dengan baik dan yang tidak. Tidak hanya itu, berpikir lebih keras mengenai dampak sebuah kampanye juga sangat disarankan, karena dapat memaksimalkan tingkat kesuksesan sebuah kampanye.

4. Membantu orang lain

Poin keempat ini memang tidak diwajibkan, karena tidak berhubungan dengan pekerjaan Anda. Tapi tidak ada salahnya untuk membantu klien, atasan, hingga awak media untuk perkembangan karir Anda di masa mendatang.

Anda tentu mengenal prinsip take and give. Ya, seseorang akan balas memberi jika menerima sesuatu. Maka jadilah orang yang pertama kali memberi, dan orang lain akan membalas Anda.

Mulai sekarang renungkanlah, apa yang seharusnya Anda lakukan dan tidak perlu untuk dilakukan jika ingin menjadi PR sukses.  Mumpung masih awal tahun, jadi Anda bisa memikirkan banyak strategi lain sepanjang tahun ini.

 

Sumber: PR Daily | Foto Ilustrasi: PR Web

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top