Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

4 Cara untuk Jadi Lebih Inovatif

Mencoba untuk menjadi lebih inovatif, bagi beberapa orang terasa sulit, atau bahkan tidak mungkin. Mereka merasa sulit karena kreativitas bukanlah sesuatu yang bisa dinyalakan begitu saja sesuai keinginan.

Pada dasarnya, kunci untuk menjadi inovatif adalah melihat masalah dari persepsi yang berbeda. Berikut beberapa cara untuk menyalakan saklar inovasi Anda:

1. Bayangkan yang terburuk

Bagaimana apabila Anda kehilangan konsumen terbesar Anda? Bagaimana apabila industri yang selama ini Anda bangun hancur? Bagaimana kalau kompetitor  Anda semakin banyak?

Jawabannya dapat Anda temukan apabila Anda memikirkan kesempatan yang tidak terpikirkan. Mencoba mengubah strategi keseluruhan juga bisa jadi satu pemicu untuk memberikan kesegaran pada industri.

2. Berpura-pura kekurangan uang

Perputaran uang yang lancar memang bagus, tapi justru inilah yang membuat Anda nyaman dan cenderung malas untuk berubah.

Bayangkan jika Anda kehabisan uang dan apa yang akan Anda lakukan? Pikirkan kejadian-kejadian seperti ini dalam beberapa skenario, lalu cari ide terbaik untuk mengatasinya. Jika sudah tak tahu harus berbuat apa dan tidak punya pilihan lain, coba fokus kepada yang penting dan mampu membuat perbedaan.

3. Berpura-pura tak ada aturan

Setiap bisnis memiliki aturan, baik tertulis maupun tidak tertulis.

Namun apa yang akan Anda lakukan apabila Anda tidak diizinkan menggunakan cara untuk mengatasi masalah yang sekarang? Bagaimana jika Anda diberikan kebebasan untuk menggunakan cara Anda sendiri?

Terkadang “peraturan” bukanlah peraturan. Itu hanyalah kebiasaan Anda dalam menyelesaikan masalah.

4. Berpura-pura hanya punya lima menit untuk menyelesaikan masalah

Kecepatan adalah awal dari inovasi. Pilih satu masalah dan paksa diri Anda untuk membuat keputusan dalam waktu lima menit.

Bayangkan Anda hanya punya lima menit untuk membuat keputusan soal budget kantor. Jika memang Anda harus melakukan sesuatu sekarang, apa yang Anda lakukan?

Hal ini akan memaksa “reflek” Anda yang selama ini tidak bergerak. (businessinsider.com)

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top