300 UMKM dan Pegiat Mode Meriahkan “Nusantara Fashion Festival 2020”

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Sebagai bentuk dukungan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM), pemerintah meresmikan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Sejalan dengan gerakan nasional ini Bank BRI menggelar program Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020; sebuah perhelatan mode virtual terbesar pertama di Indonesia dan berkolaborasi dengan lebih dari 300 UMKM serta pegiat industri mode.

NUFF 2020 hadir pada tanggal 1-31 Agustus 2020, menghadirkan karya 75 karya perancang, label dan UMKM mode dalam Virtual Fashion Show, lebih dari 50 pembicara dalam Fashion Talks dan produk kolaborasi spesial desainer dan brand lokal yang akan dihadirkan dalam Charity Auction.

Nusantara Fashion Festival 2020

Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI mengungkapkan, “BRI mendukung penuh kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah membantu UMKM berjuang ditengah pandemi Covid-19. Dimana, satu sektor industri padat karya dengan ekosistem luas yang terkena dampak pandemi adalah mode. Kondisi saat ini menuntut adanya inovasi-inovasi untuk membantu industri mode terus bertahan,” jelasnya.

Baca Juga: Serat Tencel Untuk Fashion Ramah Lingkungan

Menggandeng lebih dari 300 kolaborator dan mengusung konsep virtual, festival ini menghadirkan pengalaman mode yang dikemas secara digital bagi pecinta mode. Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik untuk pengalaman menyaksikan kreasi mode yang tak terlupakan. Selama penyelenggaraan acara NUFF 2020 juga berbagi edukasi dan berdiskusi terkait industri mode bersama tokoh – tokoh ternama.

Ben Soebiakto, CEO Samara Media & Entertainment menambahkan, gelaran NUFF 2020 bertujuan untuk memperlihatkan talenta dan karya pegiat mode serta kualitas produk UMKM Indonesia. Selain itu juga sebagai bukti bahwa ekosistem digital dapat menjadi media untuk berkolaborasi dan mempresentasikan karya mode.

Baca Juga: BRI Beberkan Restrukturisasi Kredit Dampak Covid-19

“Kami menghadirkan konsep ekosistem online yang terintegrasi, mulai dari live streaming sampai e-commerce, yang dapat dimanfaatkan sebagai platform bagi UMKM serta pelaku industri mode untuk bertemu, berkolaborasi, dan bertumbuh. Untuk itu berbagai persiapan telah kami lakukan dengan menampilkan program inspiratif, profil, dan produk yang menjadi Bangga Buatan Indonesia,” papar Ben.

Leonard Theosabrata, Direktur SMESCO Indonesia (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM) menambahkan “Hadirnya NUFF 2020 dapat menjadi angin segar bagi pelaku UMKM yang saat ini membutuhkan dukungan untuk memperlihatkan eksistensi diri dan juga mempresentasikan karyanya. Untuk mendorong kebangkitan ekonomi dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah namun juga masyarakat berkontribusi dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan menggunakan produk dalam negeri.

“Suatu kebanggaan bagi BRI dapat menghadirkan Nusantara Fashion Festival 2020 sebagai ruang bagi pelaku industri mode dan kreatif serta UMKM untuk memperlihatkan kualitasnya. Kami harap program ini dapat menjadi langkah awal yang positif bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menciptakan peluang dan optimis dalam berkarya serta untuk mempersuasi masyarakat untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” tutup Handayani.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.