Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

3 Upaya Shopee Menjadi eCommerce untuk Semua

Marketing – Berita Digital | Data Bank Indonesia pada kuartal II 2020, mencatat peningkatan volume transaksi belanja di eCommerce  sebanyak 383,5 juta kali. Jumlah itu naik 39,05% dibanding dengan kuartal I 2020, yang sebesar 275,8 juta kali. Hal ini disebabkan adanya penambahan pengguna baru, yang tadinya tidak berbelanja di eCommerce

Suasana di Customer Service ShopeePay

Suasana di Customer Service ShopeePay

Melihat tren positif eCommerce ini, Chief Executive Officer Shopee Chris Feng berkomitmen menciptakan dampak positif untuk mendukung komunitas, menciptakan peluang baru, serta menciptakan pengalaman yang lebih, sebagai bagian dari visi yang lebih luas untuk menciptakan ekosistem  eCommerce bagi semua orang.

Baca Juga: 3 Pilar Utama Peluang eCommerce di 2020

eCommerce telah memberikan dampak yang besar di berbagai aspek kehidupan kita, khususnya pada tahun ini. Kami beruntung berada di garis depan transformasi ini. Kami ingin terus menciptakan peluang baru, menghadirkan cara baru belanja dan terhubung satu sama lain, serta jalan baru menuju kesuksesan dalam bisnis,” ujarnya.

Baca Juga: 2020, Era Baru Digital Commerce

Setidaknya ada 3 upaya yang dilakukan Shopee untuk mewujudkan visinya menjadi eCommerce untuk semua orang:

Menciptakan dampak bagi masyarakat   

Shopee memperkuat komitmennya untuk membantu komunitas lokal dengan meluncurkan 11.11 Big Charity, yaitu sebuah gerakan amal secara regional untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan donasi bagi anak-anak yang kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19. Di Indonesia, Shopee berkolaborasi dengan Save The Children.

Baca Juga: Enggak Ribet! Begini Cara Menyelaraskan Website dan Media Sosial

Bersama Save the Children, Shopee mengajak penggunanya berdonasi untuk membantu anak-anak agar dapat beradaptasi dan tetap memiliki akses dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena dampak Covid-19.

Donasi yang dikumpulkan nantinya akan dikonversi menjadi bantuan pendidikan mencakup paket belajar anak (buku tulis, buku bacaan, alat tulis), pendistribusian lembar kerja siswa (LKS) serta pengadaan guru kunjung untuk ratusan mitra sekolah Save the Children di 70 kota dan kabupaten Indonesia.

Menciptakan peluang bagi seluruh bisnis

Pertumbuhan eCommerce di Asia Tenggara dan Taiwan telah menciptakan peluang baru bagi para penjual, UMKM, dan mitra merek. Tren ini tercermin di Shopee, dimana jumlah penjualnya meningkat 60% dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Rawan Penipuan, Seperti Apa Sebenarnya Perlindungan Terhadap Konsumen eCommerce?

Penjual besar dan berpengalaman yang kini banyak bergabung telah menciptakan keragaman yang lebih besar. Maka dari itu, pendekatan dan teori yang sama tidak dapat dilakukan. Karena, setiap penjual menghadapi tantangan yang unik dan berbeda di berbagai tahap perjalanan digitalnya. Dalam hal ini, Shopee telah memperluas jangkauan dukungannya untuk membantu mengembangkan bisnis para mitranya terlepas dari pengalaman dan skalanya.

Sejak April lalu misalnya, Shopee memberikan program-program dukungan pemulihan ekonomi bagi penjual dan UMKM yang bisnisnya terdampak pandemi. Seperti Program Dukungan Covid-19 100 M Shopee dan Program Dukungan Pemulihan Eonomi Nasional Shopee. Hal ini dilakukan karena lebih dari 90% penjual di Shopee Indonesia adalah UMKM.

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal Yang Membuat Pelanggan Bisnis Online Kabur

Bukan hanya itu, Shopee juga mengembangkan dan memperluas jangkauan program ekspornya. Sejak diluncurkan pada 2019, Shopee kini telah membantu jutaan produk dari 20.000 UMKM untuk ekspor ke Malaysia, Singapura dan Filipina. Shopee juga bersinergi dengan berbagai Kementerian dan Instansi Pemerintahan dalam memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM binaan pemerintah untuk memperluas akses ekspor.

Menciptakan ekosistem eCommerce yang terintegrasi

Pengguna Shopee dapat menemukan dan menikmati ragam penawaran menarik sambil menikmati pengalaman belanja yang menyeluruh dengan inovasi fitur  in-app yang terus ditingkatkan maupun diperbarui.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengonversi Like, Tweet atau Pin Menjadi Penjualan?

Yang terbaru, Shopee Indonesia berkolaborasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui fitur Peringatan Dini Bencana Alam.  Melalui kerja sama ini, pengguna Shopee kini dapat mengakses informasi dan peringatan bencana alam melalui tampilan push notification sesuai dengan lokasi tempat tinggal yang mulai dapat diakses pada 20 Oktober 2020.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top