Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

3 Tips SEO Sederhana (dan Gratis)

tips SEO

Berikut adalah bagaimana Anda bisa membuat website mudah ditemukan – bahkan jika Anda tidak ahli dalam SEO.

Banyak pemilik bisnis baru yang masih mengalami kendala ketika hendak mengoptimalkan situs web mereka dan membuatnya mudah ditemukan.

Tanpa SEO, website Anda hanya akan menjadi bintik kecil dalam hamparan semesta yang luas dan berkembang pesat. Dengan begitu bisa jadi pasar Anda akan direbut oleh pesaing. Sementara kemungkinan besar konsultan SEO akan meminta ribuan dolar per bulan hanya untuk paket dasar.

Itu sebabnya Anda harus mendedikasikan setiap momen untuk memahami bagaimana SEO bekerja, taktik apa yang baru, dan apa yang Google tidak suka tahun ini (datang dalam bentuk update Penguin dan Panda). Kalau tidak, sulit bagi Anda untuk menghasilkan penjualan yang signifikan di bulan atau tahun pertama bisnis Anda.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memulai:

Mengoptimalkan judul laman

Menambahkan meta judul bagi laman Anda adalah hal pertama dan paling sederhana yang perlu dilakukan untuk membiarkan mesin pencari tahu, “Hei, aku di sini dan aku relevan untuk kata kunci ini”.

Setiap Ahli SEO akan bertanya kepada Anda, karena mereka perlu menemukan kata kunci apa yang relevan bagi situs Anda. Sebenarnya, itu adalah sesuatu yang bisa Anda lakukan sendiri. Jika industri Anda cukup spesifik mungkin pengetahuan Anda lebih baik dari konsultan manapun.

Lakukanlah penelitian dan cari tahu kata kunci apa yang paling relevan untuk situs Anda. Lihatlah judul laman pesaing Anda, misalnya. Selain itu, Anda harus fokus pada long-tail keyword yang melibatkan kata-kata seperti frase yang lebih spesifik dengan topik tertentu (3 atau 4 kata). Long-tail keyword mengonversi lebih baik dan lebih mudah untuk peringkat.

Link building alami

Siapa pun yang memiliki situs web pasti telah mendengar tentang link buiding. Itu pada dasarnya memerlukan website lain untuk me-link kembali ke situs Anda. Dalam beberapa tahun terakhir cara ini telah berubah secara dramatis dan melakukan praktik ini benar-benar dapat menyakiti Anda.

Baru-baru ini, algoritma Google diciptakan dengan cara mendeteksi link “tidak wajar” seperti link tertentu yang dibayar, anchor text yang berlebihan, dan lainnya. Intinya adalah, link tidak boleh dipaksa. Mereka harus terjadi secara organik dan cara untuk meminta link mereka biasanya berkaitan dengan konten yang Anda buat.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun link secara alami. Misalnya menulis sesuatu yang menarik di blog tamu, kegiatan media sosial yang sukses (dan building followers), dan menghubungkan diri dengan blogger dengan minat yang relatif sama.

Konten adalah hal yang membuat sebuah situs mempunyai traffic yang tinggi. Tanpa konten yang baik, orang tidak akan tertarik untuk berkunjung. Kalau konten Anda menarik, apalagi kalau relevan dengan minat para blogger, mereka tidak hanya akan berkunjung, tapi juga membicarakan situs Anda.   

Memikat dengan konten

Selain menulis konten di blog lain, Anda juga perlu menulis konten menarik di website sendiri. Dulu mungkin Anda dapat menulis dengan tata bahasa yang buruk. Selama kata kunci yang ditargetkan benar, Anda akan memiliki peringkat yang baik di search engine.

Hari-hari itu kini telah berakhir. Saat ini menciptakan konten yang menarik adalah faktor pembeda yang dapat membuat Anda unik.

Misalnya Anda menulis tentang hal-hal yang orang peduli. Keluarkan gambar inspirasional. Buat audience Anda tertawa, menangis. Dengan begitu mereka akan mengidentikasi pengalaman Anda.

Bagi start-up e-commerce, Anda bisa mulai dengan blog harian, membangun pengikut, dan kemudian membaurkan keranjang belanja e-commerce Anda ke situs. Jika Anda menerapkan analogi ayam dan telur, konten sudah pasti telur.

Setelah mengetahui tiga tips sederhana di atas, Anda harus mulai melihat peningkatan traffic, minat lebih dalam produk Anda, dan pada akhirnya harus mentransfernya menjadi penjualan.

Segera setelah penjualan Anda mulai tumbuh, investasikan kembali pendapatan Anda pada perluasan strategi traffic-building. Mulai dari kampanye PPC (Pay-Per-Click), pemasaran afiliasi, sampai ke perusahaan konsultan SEO.

Sumber: Inc.com| Gambar: Stratusi.com

2 Comments

2 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    To Top