Awards atau penghargaan bisa menjadi sebuah alat pemasaran yang kuat. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan bagi mereka yang berhasil memenangkannya dan ingin memberitahu dunia.
Marketing Group sering kali memberikan berbagai penghargaan kepada perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia. Sebuat saja, Top Brand Award, Marketing Award, Digital Marketing Award, Sosial Media Award, dan banyak lagi.
Sudah banyak perusahaan-perusahaan Indonesia yang berhasil meraih penghargaan prestisius tersebut. Bagi mereka yang berhasil meraih penghargaan, itu merupakan prestasi yang luar biasa dan bukti kepada semua orang dari kerja keras mereka selama bertahun-tahun guna mencapai salah satu tujuan mereka – menjadi yang terbaik.
Dalam dunia olahraga mungkin ada anggapan, “Penghargaan itu bagus, tapi itu tidak lebih dari sekadar pengingat prestasi di masa lalu Anda.” Lalu apa selanjutnya?
Walaupun dalam olahraga mungkin itu benar, dalam lanskap bisnis sedikit berbeda. Jika penghargaan tersebut dimanfaatkan dengan benar, itu bisa menjadi alat pemasaran yang luar biasa yang langsung membangun kredibilitas bisnis Anda dengan calon pelanggan.
Konsumen ingin Anda meraih penghargaan. Mereka ingin tahu sesuatu yang baik tentang Anda. Penghargaan menguatkan bukti kepada pihak ketiga tentang proposisi nilai Anda.
Jadi, untuk memanfaatkan penghargaan yang diperoleh tersebut agar membantu dalam upaya pemasaran, mari kita coba tips yang dikutip dari Inc.com:
Lakukan Riset
Pertama, yang harus dilakukan adalah mencari sebuah program di mana Anda secara rutin mencari penghargaan dan peringkat dalam kategori industri Anda. Sebagai langkah awal, Anda bisa mengajukan permohonan keanggotaan.
Pastikan juga untuk mencari tahu publikasi khusus dalam industri atau bisnis Anda juga kewirausahaan umum, karena mereka biasanya sering memiliki penghargaan untuk berbagai kriteria.
Terapkan
Kedua, setelah Anda memahami berbagai persyaratannya, segera mengajukan permohonan untuk ikut seleksi penghargaan yang telah mengidentifikasi kehandalan barang dan jasa Anda. Pertahankan dan ketahuilah kapan dan bagaimana Anda harus kembali menerapkannya setiap tahun.
Publikasikan
Pada akhirnya, ketika Anda sudah memenangkan sebuah penghargaan atau nilai tinggi dari penilaian tertentu, Anda harus mempublikasikannya. Tak seorang pun tahu betapa hebatnya Anda jika Anda tidak memberitahukannya kepada khalayak.
Pastikan ketika penghargaan tersebut dianugerahkan kepada Anda, konsumen potensial Anda mengetahui atau dikelilingi dengan informasi yang mengumumkan prestasi Anda. Misalnya dengan mengadakan konferensi pers, iklan, atau banner di situs Anda. Itu hanyalah beberapa sarana untuk memberitahu mereka.