Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

3 Srikandi Dibalik Kesuksesan Kampanye REPNAS

Marketing – Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin kemarin (20/10) adalah momen paling dinantikan seluruh masyarakat Indonesia – termasuk para Relawan Pengusaha Muda Nasional (REPNAS) yang telah ikut berjuang memenangkan Jokowi – Ma’ruf pada pemilihan presiden (pilpres) 17 April 2019 lalu. 

Digagas pembentukannya oleh Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015 – 2019, Bahlil Lahadalia, REPNAS merupakan kumpulan pengusaha muda Indonesia yang tergerak untuk lebih memperkuat barisan dan meramaikan wacana pilpres dengan fokus pada isu ekonomi dan program kerja yang telah dilakukan pemerintah. 

Sejak di deklarasikan pada November 2018 lalu, REPNAS bertekad menjadi garda terdepan  menangkal berbagai serangan hoaks soal ekonomi. Berbagai kegiatan baik secara offline dan online, telah dilakukan dalam menyosialisasikan kinerja dan pencapaian pemerintahan Jokowi,  terutama dalam bidang ekonomi dan kesejahteraan antara lain acara Ngopi atau Ngobrol Pintar bersama Milenial di berbagai kota di seluruh Indonesia, program kreatif seperti lomba vlog dan testimoni mengenai keberhasilan pemerintahan Jokowi, kegiatan bakti sosial seperti pemeriksaan dokter gratis dan olahraga bersama, acara nonton bareng hingga  Bus Jelajah Nusantara yang telah menjelajah ke hampir ratusan kota dan puluhan daerah tempat Jokowi berhasil merampungkan proyek strategis nasional (PSN) dalam kurun 4 tahun terakhir.

Keberhasilan progam REPNAS tentunya tidak lepas dari peran berbagai pihak, termasuk seluruh anggota HIPMI yang berjalan dan bergerak memperlihatkan semua apa yang menjadi keberhasilan pemerintahan Jokowi di periode sebelumnya. 

Namun dibalik semua kegiatan tersebut, ada  3 sosok penting yang semuanya wanita, yang tidak pernah diketahui publik sebagai arsitek program REPNAS.  Mereka adalah Irawati Muklas (pendiri Avisha), Titi Rusdi (pendiri 7langit), dan Yuke Yurike (anggota DPRD DKI periode 2019-2024).

Di REPNAS, Irawati Muklas menduduki jabatan Direktur Kampanye Udara. Tugasnya menyusun strategi kampanye yang tepat untuk dikomunikasikan kepada masyarakat melalui perantara media baik media online maupun sosial media.  Setiap hari Ira juga melakukan penelusuran terhadap topik yang tengah hangat dibicarakan warga dunia maya mengenai pemerintahan Jokowi baik yang positif maupun negatif, terutama yang berkaitan dengan isu  ekonomi. Kemudian, bersama team, Ira merumuskan hal-hal apa yang dapat dibantu untuk menanggulangi opini negatif yang muncul dan melakukan berbagai tindakan preventif.

Sementara Titi Rusdi menduduki jabatan Wakil Sekretaris REPNAS Pusat. Titi memiliki peran strategis dalam menyusun dan mengawasi hampir keseluruhan program offline REPNAS. Titi pun menjabat sebagai Ketua Program Bus Jelajah Nusantara.  Berkordinasi dengan tim REPNAS Daerah, Titi menyusun program perjalanan dan mempersiapkan logistik Bus yang menjelajahi 16 provinsi, meliputi interaksi dengan masyarakat setempat di pasar-pasar tradisional, sharing menjadi pengusaha di acara ngobrol pintar (Ngopi) Milenial, pengambilan testimoni masyarakat tentang kinerja pemerintahan Jokowi di PSN dan banyak lagi. 

Sedangkan Yuke Yurike menempati posisi Sekretaris Nasional REPNAS. Yuke dipercaya mengawasi keseluruhan program online dan offline.  Secara ekternal, Yuke memiliki tangung jawab berkordinasi dan menyikronkan program kerja untuk  memenangkan pasangan Jokowi – Ma’ruf dengan para relawan lain di luar REPNAS.

Nah, jadi tidak heran kan kalau kampanye REPNAS memiliki andil yang sangat besar dalam memenangkan pasangan Jokowi – Ma’ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top