3 Kunci Sukses Es Teler 77 Bertahan Selama Empat Dekade

Marketing.co.id – Berita UMKM | Mempertahankan eksistensi suatu bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk dapat sukses melintasi berbagai generasi. Diperlukan kecermatan untuk merumuskan strategi yang tepat agar bisnis dapat berkembang dan unggul di tengah persaingan pasar, terlebih di tengah era digital di mana perilaku pelanggan sudah banyak berubah.

Adaptasi terhadap perkembangan digital sangat diperlukan untuk terus mengakomodasi kebutuhan pasar layaknya yang dilakukan Es Teler 77, salah satu restoran legendaris Indonesia yang mampu eksis hampir empat dekade.

Pada tahun 1982, mendiang Sukyatno Nugroho bersama istrinya, Yenny Setia Widjaja, mendirikan Es Teler 77, setelah mendapat inspirasi dari sang ibu mertua yang berhasil memenangkan lomba membuat es teler di tingkat nasional.

Dari kemenangan tersebut, ia dan keluarga membuka warung es teler sederhana di bilangan Jakarta Pusat dan sekarang telah berkembang menjadi 140 gerai Es Teler 77 yang tersebar di Indonesia maupun mancanegara.

Memasuki dekade keempat berbisnis, Es Teler 77 tak lagi hanya identik dengan hidangan es teler, tetapi juga berbagai menu kuliner khas Indonesia yang menjadi kegemaran masyarakat.

Renno Restiano, Marketing Es Teler 77 mengatakan, keberhasilan Es Teler 77 bertahan selama hampir empat dekade tentunya bukan tanpa berbagai tantangan. “Kami senantiasa melakukan perubahan terhadap strategi yang kami terapkan agar dapat bertahan seiring dengan perubahan zaman. Kami harap keberhasilan kami dalam bertahan dan berkembang selama ini dapat menjadi contoh bagi pebisnis pemula yang berkeinginan merintis bisnisnya sendiri.”

Berikut tiga kunci sukses yang diterapkan Es Teler 77 untuk sukses bertahan hingga ke era digital:

Konsistensi jadi kunci utama

Menurut Renno, kunci dari bisnis yang sukses terletak pada produk atau layanan yang ditawarkan. Untuk terus bertahan dan berkembang dari tahun ke tahun, Es Teler 77 selalu berusaha mengedepankan kualitas produk dan mempertahankan cita rasa autentik yang telah membuahkan kesetiaan pelanggan.

“Tanpa konsistensi rasa dan pelayanan yang baik, akan sulit mengharapkan pelanggan untuk kembali bertransaksi di gerai kami,” jelas Renno. “Selain aspek rasa dari makanan dan minuman yang kami hadirkan, kami juga memastikan bahwa layanan yang diterima pelanggan terus konsisten sehingga dapat menghasilkan rasa nyaman dan keinginan untuk kembali,” tambahnya.

Terbuka untuk beradaptasi sesuai zaman

Selain menjaga cita rasa masakan yang autentik, Es Teler 77 juga selalu mengikuti apa yang tengah digemari masyarakat dan berinovasi dalam menciptakan menu baru. “Kami percaya bahwa pelanggan adalah raja. Oleh karena itu, kami selalu berusaha menyesuaikan strategi bisnis dengan keinginan masyarakat. Tidak hanya dari segi menu, tetapi juga dalam metode pembayaran,” jelas Renno.

“Kami melihat semakin banyak masyarakat yang ingin bertransaksi secara digital. Selain lebih aman di masa pandemi, penyedia layanan digital seperti ShopeePay juga menawarkan berbagai promo menarik yang menguntungkan bagi pelanggan kami,” tambahnya.

Maksimalkan promosi dan kolaborasi di momen yang tepat

Selama hampir empat dekade melalui pasang surut bisnis, satu lagi hal yang terus dilakukan Es Teler 77 untuk mempertahankan eksistensinya adalah melakukan promosi secara strategis di momen yang tepat. Salah satu momen yang dipilih Es Teler 77 untuk melakukan promosi adalah di tanggal cantik setiap bulannya.

“Situasi pandemi tentunya membawa dampak kepada kami, namun berkat bekerja sama dengan ShopeePay dan berpartisipasi dalam kampanye tanggal cantik, kami dapat meningkatkan jumlah transaksi hingga 100%. Kampanye yang dihadirkan oleh ShopeePay semakin mendorong pelanggan setia kami untuk bertransaksi di gerai-gerai kami berkat promo yang dihadirkan,” jelas Renno.

Berkat tiga kunci sukses inilah Es Teler 77 dapat terus bertahan selama hampir empat dekade, dan bahkan dalam situasi pandemi sekalipun. Di tengah pandemi, layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood juga sangat membantu untuk terus menghadirkan kemudahan dan keuntungan berlebih dengan beragam promo menarik bagi para pelanggan yang ingin bersantap dari rumah.

“Setiap bisnis memiliki kesempatan untuk sukses dan bertahan selama beberapa dekade, namun ketiga hal tersebut sebaiknya selalu dilakukan agar dapat terus bertahan dan berkembang seiring perkembangan zaman,” tutup Renno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.