3 Kiat Menjaga Produktivitas Selama Ramadan 2023 Ala Vina Muliana

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Model kerja baru (4 hari kerja dalam seminggu) memicu kekhawatiran akan jam kerja yang lebih panjang, frustasi pelanggan, dan penurunan kinerja perusahaan.Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Usai pandemi Covid-19 mereda dan dicabutnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akhir tahun lalu, Ramadan 2023 menjadi Ramadan pertama yang akhirnya dapat dirayakan kembali secara normal.

Di fase transisi dari pandemi menuju kehidupan normal sebelum pandemi, masyarakat Indonesia saat ini seolah dituntut untuk kembali menjalankan sederet aktivitas rutin di luar rumah seperti sekolah dan bekerja.

Profesional Karir dan Konten Kreator Vina Muliana mengatakan, “Tahun ini adalah Ramadan pertama yang harus aku dan suami jalani sambil melakukan banyak aktivitas di luar rumah, termasuk bekerja dari kantor seperti sebelum terjadinya pandemi.”

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Vina Muliana membagikan beberapa kiat untuk tetap aktif dan produktif dalam bekerja selama menjalani ibadah puasa:

Tentukan skala prioritas berdasarkan urgensi dari setiap pekerjaan

Bagi para pekerja kantoran, perjalanan (commute) menjadi aktivitas rutin yang sangat menyita waktu. Untuk memaksimalkan waktu bekerja, Vina menyarankan untuk membuat skala prioritas pekerjaan berdasarkan tingkat urgensinya.

Pastikan untuk fokus menyelesaikan urutan pekerjaan tersebut satu per satu agar memperoleh hasil yang lebih maksimal. Selain itu, Vina juga mengimbau para pekerja untuk mengurangi kegiatan yang sifatnya hiburan seperti mengakses media sosial dalam durasi yang lama saat bekerja.

Meskipun berprofesi sebagai konten kreator, Vina sangat membatasi waktunya mengakses media sosial agar waktunya dapat dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaannya yang lain.

Terapkan Teknik Pomodoro agar tetap fokus

Melakukan perjalanan menuju kantor, ditambah lagi dengan upaya menahan lapar dan haus tentunya dapat turut memengaruhi kondisi tubuh dan mengurangi konsentrasi dalam bekerja. Itulah mengapa menjaga fokus dalam bekerja kerap menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja, terutama mereka yang mudah teralihkan perhatiannya.

Untuk belajar lebih fokus dalam bekerja, Teknik Pomodoro dapat menjadi salah satu solusi yang efektif. Teknik Pomodoro menerapkan manajemen pengaturan waktu bekerja dan istirahat. Umumnya, kita dapat menggunakan waktu selama 25 menit untuk fokus bekerja, dan setelah itu manfaatkan waktu 5 menit untuk melakukan istirahat pendek.

Saat istirahat, Anda dapat mengisi waktu dengan melakukan hal yang menyenangkan seperti berbincang dengan rekan kerja, melakukan olahraga ringan untuk meregangkan otot, hingga mencari ide menu berbuka puasa di aplikasi pesan antar makanan.

Manfaatkan kemudahan teknologi agar makin nyaman dan praktis

Perempuan yang berprofesi sebagai Human Resources (HR) ini mengaku sangat aktif memanfaatkan kemudahan teknologi dalam kehidupannya sehari-hari. Di bulan Ramadan, Vina menilai kehadiran layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood dapat menjadi penolong untuk menyediakan menu sahur dan berbuka puasa dengan lebih praktis dan hemat waktu.

Menyambut bulan suci Ramadan tahun 2023, ShopeeFood kembali menghadirkan kampanye Ramadan spesial tahunannya, yaitu Diskon Kuliner Ramadan. Kampanye yang berlangsung selama satu bulan penuh ini akan menghadirkan berbagai penawaran menarik, seperti Gratis Ongkir Spesial Ramadan, Diskon s/d 100%, dan Rezeki Checkout Gratis Total 100JT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here