News & Event

3 Indikator Penilaian Marketing Award

Marketing Award merupakan penghargaan tertinggi di dunia marketing yang diberikan oleh Majalah Marketing  kepada perusahaan atas keberhasilannya menjalankan strategi marketing terbaik.

Para pemenang penghargaan ini bervariasi, mulai dari perusahaan skala besar hingga kecil.  Posisi di pasar tidak menjadi acuan dalam penilaian. Yang dilihat tigal hal: strategi, implementasi dan result. Kecermatan, kegeniusan, dan bahkan keoriginalitasan dari strategi menjadi dasar penilaian awal.

Banyak perusahaan hanya menjalankan strategi sekadar ikut-ikutan tanpa mengerti apakah pasar dapat menerima atau tidak. Strategi tidak berguna jika tidak bisa diimplementasikan dengan baik.

Ada banyak ide yang original dalam dunia marketing, namun dalam pelaksanaannya sering kali tidak bisa berjalan baik. Respon yang rendah dari pasar terhadap sebuah strategi membuat strategi tersebut akhirnya tidak bisa diterapkan.

Strategi marketing dianggap sukses jika memberikan hasil, bisa berbentuk revenue, awareness, maupun kepuasan. Strategi yang baik tentu menciptakan pertumbuhan bagi perusahaan.

Tiga indikator tersebut menjadi dasar untuk memilih pemenang. Itulah sebabnya, dalam ajang ini diperlukan proses penjurian untuk beberapa perusahaan. Tujuannya untuk mengklarifikasi apakah strategi tersebut original atau tidak.

Dewan juri yang terlibat dalam penilaian terdiri dari para doktor, profesor, dan dosen senior dari sekolah MM terkenal, seperti Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisis Universitas Indonesia, Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB, PPM School of Management, Prasetiya Mulia Business School, Bina Nusantara University, serta para praktisi seperti Google Indonesia Inc dan PT Dentsu One Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top