Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

3 Faktor Penentu Keputusan Pembelian Ketika Belanja Online

faktor penentu keputusan pembelian belanja online

faktor penentu keputusan pembelian belanja online

E-commerce Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Hal itu bisa kita lihat dari semakin menjamurnya pemain-pemain e-commerce baru. (Baca: Potensi E-commerce di Indonesia)

Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia selaras dengan mulai gemarnya konsumen Indonesia berbelanja barang maupun jasa secara online. (Baca: Masyarakat Indonesia Makin Hobi belanja Online)

Survei Mindshare menyebutkan, Indonesia menduduki peringkat ke-13 dalam hal memotivasi pengguna media digital untuk transaksi komersil.

Tentunya, tren tersebut menuntut industri di Indonesia untuk mulai memanfaatkan berbagai macam teknologi yang ada guna memudahkan para konsumen. Dalam hal ini para pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga tak boleh ketinggalan.

Hebatnya, menurut survei yang dilakukan oleh MasterCard berjudul MasterCard Online Shopping Behavior Study menyebutkan bahwa pengguna internet Indonesia memiliki tingkat kepuasan paling tinggi (96%) terhadap belanja online. (Baca: Belanja Online, Orang Indonesia Paling Puas)

Irna Palar, Country Manager MasterCard Indonesia mengatakan setidaknya ada tiga faktor utama yang membuat orang puas dan mulai beralih ke belanja online. Ketiga faktor tersebut adalah metode pembayaran yang nyaman, kecepatan transaksi, dan fasilitas pembayaran yang aman.

Ketiganya menjadi faktor penentu keputusan beli saat melakukan belanja online. Namun, ketiga faktor utama tersebut (nyaman, cepat, dan aman) tidak akan terpenuhi jika sistem pembayaran yang digunakan adalah sistem pembayaran konvensional.

“Kami selalu berusaha berusaha memberikan solusi pembayaran online yang cepat, aman dan nyaman hingga keefektifan dan efisiensi yang ditawarkan online shopping dapat dirasakan konsumen Indonesia,” katanya.

Untuk itu, MasterCard bekerja sama dengan idEA mengadakan program promosi Pesta Belanja Online. Program tersebut merupakan dukungan kepada pelaku usaha e-ecommerce dalam mengedukasi pelanggan dan calon pelanggan akan kemudahan, kenyamanan dan keamanan berbelanja online dengan menggunakan metode pembayaran online.

Editor: Wachid Fz

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top