Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

3 Cara Mudah Bisnis Kecil Go Mobile

Marketing.co.id – Tahun 2013, tahun yang menarik bagi pasar mobile. Pendapatan iklan mobile secara global tahun lalu mencapai 9,7 miliar dolar Amerika. Tahun ini Gartner memprediksi pendapatan iklan mobile akan meningkat 17,5% mencapai 11,4 miliar dolar Amerika.

Menurut survei dari Pew Internet, sebanyak 55% pemilik ponsel menggunakan perangkat mereka untuk mengakses internet. Jumlahnya meningkat dua kali lipat dibandingkan tiga tahun lalu.

Ini artinya lebih dari setengah pelanggan potensial Anda mungkin berinteraksi dengan bisnis saat mereka sedang dalam perjalanan.

Sementara studi lain yang dilakukan oleh Martin Software menunjukkan bahwa kliennya melihat iklan pay-per-click Google pada perangkat mobile meningkat 14,2% menjadi 23,4% sepanjang 2012 – yang artinya para pengguna ponsel juga lebih terlibat sekarang.

Apakah bisnis kecil Anda sudah dipersiapkan untuk terhubung dengan konsumen mobile saat ini? Jika tidak, seperti kami sadur dari www.openforum.com, berikut cara mudah untuk menyiapkannya:

Optimalkan situs

Ketika orang mengunjungi situs dari perangkat mobile mereka, apa yang mereka lihat? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat laman? Apakah terlihat cukup besar ketika dilihat pada layar yang lebih kecil?

Langkah pertama untuk menjadi bisnis mobile adalah dengan memastikan optimalisasi situs bagi mobile browsing.

“Konsumen berpikir tentang kenyamanan, bukan perangkat yang mereka gunakan untuk sampai ke sebuah situs,” kata Steve Kaufan, Executive VP dari Intefrated Media di KSL Media.

Sebuah perusahaan yang terus berkembang harus memastikan situs mereka memberikan pengalaman mulus pada perangkat mobile.

Menurutnya, jika Anda mampu membuat situs versi mobile atau yang responsif, mulailah dengan memilih konten mana yang paling cocok bagi pengguna mobile. Pengunjung mobile cenderung mencari informasi tertentu. Misalnya jam kerja, atau arah ke bisnis, bukan sejarah perusahaan atau video testimonial pelanggan.

Jika Anda belum memiliki sumber daya untuk membuat versi mobile, Anda masih bisa membuat beberapa perubahan kecil di situs utama untuk meningkatkan pengalaman navigasi mobile.

Misalnya, saat animasi flash dan grafis resolusi tinggi mungkin terlihat hebat di browser laptop, mereka tidak cocok untuk perangkat mobile karena dapat memengaruhi pengalaman pengunjung ketika sedang browsing.

Beberapa perangkat mobile seperti iPhone tidak mampu menampilkan flash sama sekali, dan segala macam animasi  atau grafis besar akan membuat koneksi mobile lambat. Akibatnya calon pelanggan Anda mungkin akan kehilangan kesabaran dan meninggalkan situs.

Studi yang dilakukan SmartBear.com menunjukkan bahwa hampir tiga perempat dari pengguna akan meninggalkan situs pada ponsel mereka jika tidak terbuka dalam waktu lima detik.

Memperbarui daftar bisnis

Sekarang Anda memiliki situs untuk pengunjung mobile. Langkah berikutnya adalah meyakinkan pelanggan potensial Anda bahwa mereka dapat menemukan Anda di mana saja.

Menurut survei dari Constant Contact, sebanyak 49% bisnis lokal mengatakan bahwa mereka tidak pernah meng-update daftar online mereka – apakah itu pada mesin pencari, review situs, atau aplikasi mobile – terlepas dari kenyataan 50% mengatakan bahwa mereka telah melihat secara online bisnis mereka tidak akurat.

Untuk itu, pastikan meng-update semua daftar direktori dan menyertakan deskripsi sederhana dari layanan Anda – jam kerja, nomor telepon, alamat kantor, dan tautan ke situs Anda. Dengan cara ini, browser dengan cepat dan mudah menilai apakah bisnis Anda memenuhi kebutuhan mereka dan mudah-mudahan membayar Anda dengan mengunjungi Anda.

Daftar direktori pada feed aplikasi peta seperti Google Maps juga penting untuk terus diperbarui, kata Tiffany Monhollon,  senior manajer pemasaran konten di ReachLocal.

Menurutnya, Google Maps ini bisa dibilang salah satu aplikasi peta yang paling populer di luar sana. Jadi  ini penting bagi bisnis kecil untuk memastikan daftar Google  mereka up-to-date.

Untuk mematikan daftar Google Maps yang akurat dan up-to-date, Anda perlu mengoptimalkan laman Google+Local bagi bisnis Anda. Google Maps akan secara otomatis menarik informasi apapun dari daftar laman tersebut, termasuk jam operasi, alamat, nomor telepon, ulasan, dan tautan ke situs bisnis Anda.

“Dengan mengoptimalkan daftar Google Maps, Anda dapat membantu memastikan bisnis muncul bagi konsumen lokal yang mencari bisnis Anda dari perangkat mobile mereka,” tambah Monhollon.

Harus gampang dicari

Ada alasan lain kenapa Anda harus terus mem-update daftar direktori di situs Google dan lainnya, yaitu daftar ini akan berdampak pada hasil penelusuran lokal. Faktor paling penting yang mempengaruhi hasil pencarian lokal meliputi:

  • Alamat fisik bisnis Anda (di mana bisnis Anda berada)
  • Google Place Anda diverifikasi
  • Volume citation (kutipan) tradisional yang terstruktur (seperti yang disediakan oleh daftar direktori)
  • Sebuah alamat yang dapat ditelusuri yang sesuai dengan alamat Google Place

Memastikan semuanya termasuk direktori bisnis utama Andaadalah cara sederhana meningkatkan peringkat dalam pencarian lokal.

Ketika sedang merancang email berikut newsletter atau promosi Anda, pastikan untuk mengoptimalkan email Anda untuk perangkat mobile sehingga pelanggan dapat membaca email Anda di mana saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top