Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Mengembangkan Bisnis Selama Pandemi, Tips dari Nol Jadi Online

Marketing.co.id – Berita UMKM | Terbatasnya aktivitas fisik dan jarak membuat kebutuhan akan layanan online yang cepat semakin meningkat, terbukti dari adanya kenaikan penjualan online sebesar 480% dibandingkan masa sebelum pandemi.

Baca Juga: Go Ekspor, Tembus Pasar Asia Tenggara Secara Online

Hal tersebut mendorong para pemilik bisnis dan UMKM untuk mulai beradaptasi dengan teknologi dan inovasi yang ada agar usahanya tetap berjalan. Untuk menjawab kekhawatiran para pemilik usaha, ShopeePay Talk kembali hadir untuk berbagi insight bisnis.

Baca Juga: Go Online, Go Internasional!

Mengangkat tema Dari Nol Jadi Online: Jangkau Pelanggan Lebih Luas, ShopeePay Talk mengundang Founder & CEO Help Muhamad Noor Sutrisno, Content Creator and Co-Founder & Creative Director Secondate Beauty Titan Tyra untuk berbagi pengalaman dan pentingnya menjalankan usaha secara online.

Baca Juga: Menjawab Tantangan untuk Mengonversi dan Menjangkau Target Pasar dengan Iklan Online

Melalui sesi bersama Sutrisno dan Titan, terdapat tiga poin utama yang dapat disimpulkan dan menjawab kenapa usaha harus memanfaatkan layanan online:

Pelaku usaha dapat menjangkau pelanggan lebih luas 

Dengan hadir secara online, ruang gerak dan jangkauan pelaku usaha tidak terbatasi oleh jarak dan waktu. Oleh karena itu, pelaku usaha dapat memenuhi pesanan pelanggannya yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia bahkan keluar negeri.

“Sejak adanya pandemi, masyarakat semakin familiar dengan digitalisasi, tanpa memandang gender ataupun umur. Kami juga melihat ada kenaikan transaksi yang signifikan sebesar 17 kali lipat dan peningkatan unduhan aplikasi yang mencapai 18 kali lipat selama pandemi di platform kami. Hal ini menandakan semakin vitalnya platform digital dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari yang saat ini lebih banyak beraktivitas dari rumah,” ujar Sutrisno.

Lebih dekat dengan pelanggan 

Menyediakan toko online atau hadir secara online memungkinkan pelaku usaha untuk berkomunikasi lebih dekat dengan pelanggan yang berada di berbagai daerah. Sehingga, terjalin komunikasi dua arah dimana pelaku usaha dapat lebih cepat tanggap terhadap keinginan pelanggan.

Menambah sarana penjualan yang baru 

Masuk ke ranah online membuka kesempatan bagi pelaku usaha untuk menambah toko tanpa gerai yang dapat diakses pelanggan tanpa harus hadir secara fisik. Selain itu, bagi yang belum memiliki toko offline sebelumnya, hal ini dapat mengurangi modal gerai fisik. Bekerja sama dengan layanan digital yang memberikan berbagai keuntungan, dapat menarik antusiasme pelanggan bertransaksi.

 “Tidak dapat dipungkiri, pandemi memberikan dampak yang signifikan terhadap semua pelaku bisnis. Karena itu, saya percaya, dengan masuk ke ranah online, kita bisa memperluas jangkauan produk dan semakin dekat dengan pelanggan. Berkolaborasi dengan berbagai pihak perlu dilakukan untuk meningkatkan layanan bisnis,” ujar Titan Tyra.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top