Marketing.co.id – Berita UMKM | Apakah Anda saat ini kesulitan dalam memasarkan bisnis Anda? Berikut adalah 20 ide marketing yang dapat membantu Anda menarik perhatian masyarakat dan membawanya ke dalam bisnis.
Seperti diketahui, marketing atau pemasaran merupakan kunci dari hampir semua bisnis apa pun. Ini tidak biasa, namun pada kenyataannya, sebuah produk yang biasa-biasa saja jika dibarengi dengan pemasaran yang luar biasa dapat mengalahkan sebuah produk berkualitas tinggi yang dipasarkan dengan cara yang buruk.
Tentunya, banyak perusahaan besar yang dapat mendedikasikan uang yang banyak dan staf untuk mendatangkan ide-ide marketing yang hebat untuk produk mereka. Namun bagaimana dengan bisnis kecil dan menengah? Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan hasil pemasaran Anda?
Jawabannya sangat sederhana. Terus mencoba ide-ide marketing yang belum Anda coba sebelumnya. Jika Anda mau mencarinya ide marketing itu sangat berlimpah di luar sana. Perhatikan saja apa yang dilakukan perusahaan besar maupun kecil lainnya ketika mengenalkan dan mempromosikan produk mereka. Kemudian, sesuaikan teknik marketing mereka dengan bujet untuk memenuhi target klien Anda sendiri.
Berikut adalah 20 ide marketing yang perlu dipertimbangkan:
Tampil beda
Ambil pelajaran dari para pengiklan brand besar untuk menemukan sesuatu yang dapat membedakan Anda dengan para pesaing. Kemudian, promosikan perbedaan tersebut. Perbedaan tersebut bisa dari slogan, atau perbedaan utama dalam produk Anda. misalkan apakah sepatu yang Anda jual lebih ringan dan awet dari pesaing?
Bentuk aliansi dengan bisnis lain
Carilah bisnis yang target pasarnya sama dengan Anda dan ajak mereka bekerja sama. Bentuknya bisa bermacam-macam, apakah secara aktif memasarkan jasa satu sama lain, atau bekerja secara bersama-sama untuk mengerjakan pekerjaan dari klien, aliansi strategis dapat memperluas jangkauan bisnis Anda.
Segmentasi pasar Anda
Segmentasi pasar memungkinkan Anda menciptakan produk terbaik atau mengembangkan spesialisasi yang menarik khususnya untuk kebutuhan setiap segmen.
Ekspansi ke pasar baru
 Setidaknya, ada tiga langkah untuk memperluas pasar, yaitu:
- Periksa pasar pelengkap. Kemana pengiriman Anda sekarang? Kemungkinan besar kondisi serupa akan terjadi di pasar lain. Ini menunjukan bahwa bisnis bisa sukses di sana juga.
- Lacak permintaan global produk Anda. Karena Anda sudah mengirim ke satu negara atau wilayah tertentu. Anda dapat memanfaatkan data tersebut untuk membuat gambaran yang lebih jelas dari permintaan dan kompetisi untuk produk Anda.
- Bicarakan dengan rekan bisnis Anda. Salah satu cara terbaik untuk memperluas pasar adalah belajar dari perusahaan lain yang sesuai dengan profil bisnis Anda, baik melalui asosiasi industri perdagangan, kamar dagang lokal atau jaringan pemasok Anda.
Go online
Jika bisnis Anda saat ini belum ada di internet, sebaiknya segera melakukannya. Dengan go online Anda akan memiliki banyak keuntungan, di antaranya, jangkauan pemasaran semakin luas, pengenalan produk lebih maksimal, biaya promosi lebih ekonomis, hemat biaya operasional, interaksi langsung dengan pelanggan, dan membangun komunitas.
Masuk dalam daftar Google Places
Google Palces adalah layanan dari Google untuk menyediakan alat yang mudah digunakan bagi para pemilik bisnis untuk mendukung usaha mereka dengan bantuan Google.
Terlibat dalam media sosial
Ajaklah pelanggan untuk mengikuti Anda di media sosial. Kemudian, meminta mereka menghabiskan beberapa menit sehari untuk berpartisipasi aktif di media sosial Anda tersebut.
Isi profil media sosial dengan detail
Isilah profil media sosial sebanyak yang Anda bisa dan pastikan mencantumkan link situs web dan produk.
Gunakan direct mail untuk menjangkau pelangganÂ
Ya, ini adalah sebuah teknik kuno dalam dunia pemasaran yang masih banyak digunakan dan tetap bekerja dengan baik sampai saat ini.
Mengirimkan kartu nama atau postcard kepada pelanggan
Kirimkan pelanggan postcard untuk mengingatkan mereka bahwa mereka harus datang kembali.
Masukkan kata kunci lokal
Masukkan kata kunci lokal seperti nama kota atau daerah pada halaman web dan tag judul untuk membantu netizen menemukan Anda.
Tambahkan tombol share di websiteÂ
Tambahkan tombol share di website dan sarankan pengunjung untuk menggunakannya.
Gunakan email untuk tetap berhubungan dengan pelanggan
Hubungi mereka secara berkala melalui email dengan penawaran khusus, tips tentang menggunakan produk, informasi industri, atau konten lain yang akan membantu mereka kembali ke website dan/atau membeli produk Anda kembali.
Sertakan nomor telepon
Sertakan nomor telepon dalam iklan pay-per-click Anda. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan menelepon untuk mencari informasi lebih lanjut atau melakukan pembelian.
Membuat tautan nomor telepon di website (click-to-call)
Buatlah tautan nomor telepon di website untuk memudahkan bagi pelanggan yang menggunakan smartphone dalam menghubungi Anda.
Pasang iklan
Pasang iklan di media setempat (lokal) jika bisnis Anda bersifat lokal. Carilah penawaran untuk memperoleh iklan dalam dua edisi publikasi, baik cetak maupun online.
Memberikan sesuatu yang bermanfaat
Berikan sesuatu yang bermanfaat bagi yang melakukan pembelian yang melebihi jumlah tertentu.
Jadilah proaktif dan terus-menerus
Anda belajar naik sepeda ketika masih kecil tapi tidak memikirkan bagaimana cara mengendarai sebuah sepeda? Anda pergi keluar dan mencobanya sampai Anda belajar menyeimbangkan diri dan kemudian secara bertahap menambah kecepatan. Tidak ada bedanya dengan pemasaran. Anda harus terus melakukannya sampai menemukan apa yang efektif bagi bisnis Anda.
Mulailah dengan segera
Buatlah daftar ide pemasaran Anda sendiri. Sertakan ide pemasaran yang sudah digunakan dan belum digunakan sebelumnya ke dalam daftar tersebut, termasuk strategi pemasaran yang Anda lihat dari perusahaan lain.
Kemudian, mulai praktekkan satu per satu. Usahakan mencoba salah satu ide pemasaran baru dalam seminggu. Dan, rekrut orang-orang yang mau bekerja dengan Anda, dan buang orang-orang yang tidak mau melihat bisnis Anda berkembang. (businessknowhow)