Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

2 Miliar Pekerjaan Diprediksi Akan Hilang di 2030

Marketing.co.id – Berita Marketing| Revolusi Industri Ke-4 telah membawa perubahan dalam segi digital bagi ekonomi dan sistem sosial, yang berakibat pada pergeseran cara kita bekerja saat ini. Thomas Frey dalam tulisannya di Futuristspeakercom memprediksi dua (2) miliar pekerjaan akan hilang pada 2030.

Baca Juga: Kolaborasi Bot dan Manusia Kunci Transformasi Digital

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 65% anak-anak yang sedang bersekolah akan bekerja pada sektor-sektor pekerjaan yang belum ada saat ini. Sementara, 26% lainnya melihat bahwa kemajuan dalam kekuatan komputasi dan big data akan menjadi faktor pendorong perubahan pada dunia kerja di masa yang akan datang.

Hal ini jelas menunjukkan perluanya institusi pendidikan untuk membekali siswanya dengan keahlian yang tepat demi memenuhi tuntutan kerja masa depan.

Baca Juga: Tren Masa Depan Dunia Kerja Terbaru

Dampak transformasi digital juga relevan dengan perguruan tinggi. Sebuah laporan yang dirilis McKinsey pada 2016, mencatat bahwa gelar masih menjadi “penanda” untuk perekrutan bahkan di era digital. Namun, sepertinya tidak ada hubungan langsung antara tingkat pendidikan dan kesuksesan profesional.

Sudut pandang menarik lainnya tentang kesenjangan keterampilan ini adalah kurangnya keterampilan khusus. Menurut studi Manpower Group yang dilakukan pada 2016, ketidakmampuan untuk menemukan individu yang tepat bagi sebuah pekerjaan adalah masalah serius keenam dari sembilan masalah ekonomi global terbesar saat ini.

Baca Juga: 10 Tips Menjaga Harga Diri dalam Pekerjaan

Sama halnya, 40% perusahaan di dunia melaporkan kurangnya keterampilan khusus yang akhirnya berdampak pada ketersediaan pencari kerja, keterampilan teknis, dan pengalaman kerja, yang menjadi alasan mengapa banyak posisi di sebuah perusahaan yang belum terisi.

Kondisi ini menegaskan bahwa sumber daya paling berharga di era digital seperti sekarang ini adalah data. Dengan naiknya kebutuhan akan data, maka permintaan untuk kompetensi baru di bidang analitik, artificial intelligence, machine learning, cybersecurity dan keahlian lainnya akan datang. Pertanyaannya, apakah institusi pendidikan saat ini sudah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja masa depan?

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top