Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

2 Inisiatif Tokopedia untuk Meningkatkan Daya Saing UKM Lokal di Pasar Nasional

Tokopedia Toko CabangMarketing.co.id – Berita UKM | Tokopedia yang terus bertransformasi menjadi super ecosystem selalu berkomitmen mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia melalui kolaborasi dengan para pengguna, penjual dan mitra strategis lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Bisnis Online Anda

Salah satu langkah yang diambil Tokopedia untuk mendorong masyarakat untuk ikut berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia adalah melalui berbagai inisiatif lokal, termasuk dengan menghadirkan pengalaman O2O, baik lewat Tokopedia Center maupun aplikasi Mitra Tokopedia.

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Lead Tokopedia mengungkapkan, Indonesia selalu menjadi fokus utama Tokopedia, maka dari itu pihaknya terus berkomitmen untuk menggerakkan perekonomian dalam negeri.

“Kami menghadirkan beberapa inisiatif lokal seperti Tokopedia Center, Mitra Tokopedia, serta berbagai kegiatan edukasi mengenai pemanfaatan teknologi dalam menciptakan peluang,” ujarnya.

Baca Juga: Tokopedia Terdepan, Shopee Geser Bukalapak

Tokopedia Center merupakan experience center yang menghadirkan pengalaman berbelanja secara O2O, sekaligus berperan sebagai pusat edukasi digital yang membantu para pegiat UMKM mengembangkan usaha mereka melalui aplikasi Tokopedia.

Sejak diluncurkan pada September 2018, Tokopedia Center telah hadir di 37 kota dan kabupaten di Indonesia untuk menghubungkan para pegiat UMKM di Indonesia dengan pasar nasional.

Keberadaan Tokopedia Center diharapkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan daya saing bisnis mereka di pasar nasional, mengingat para pegiat UMKM merupakan penyumbang lebih dari 60% terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: eCommerce Kian Populer, Sinyal Baik untuk Perekonomian Indonesia?

Inisiatif lokal lainnya adalah Mitra Tokopedia yang kini telah berevolusi menjadi sebuah ekosistem untuk mempermudah pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya dalam mengembangkan bisnisnya dengan berjualan berbagai macam produk digital, seperti pulsa, tagihan air, voucher game dan lain-lain, serta membeli stok barang lewat fitur Grosir.

Aplikasi ringan berukuran 3MB ini mempermudah pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Karena, alternatif produk yang dijual bisa semakin banyak. “Lewat Mitra Tokopedia, kami berharap warung-warung di Indonesia bisa menjadi ‘warung super’,” terang Ekhel.

Saat ini, fitur Grosir sudah bisa dipakai pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya di 25 kota dan kabupaten, mulai dari Banda Aceh hingga Makassar, sedangkan fitur penjualan produk digital, seperti pulsa dan token listrik, bisa dimanfaatkan di 500 kota dan kabupaten.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top