15 Hal yang Dilakukan Para Pemimpin Paling Sukses Setiap Hari (Bagian 1)

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Banyak orang bertanya-tanya, bagaimana para pemimpin membuat keputusan terbaik mereka, padahal mereka sering kali memiliki tekanan yang luar biasa.

Proses pembuatan keputusan tersebut berasal dari akumulasi pengalaman dalam menangani danmenghadapi berbagai situasi, tipe kepribadian, dan kegagalan tak terduga.

Lebih dari itu, proses pengambilan keputusan adalah soal pemahaman yang menyeluruh terhadap perilaku sebab-akibat dan pola situasional. Kemampuan memahami informasi dan variabel yang saling terhubung dalam sebuah pola-pola tertentu memungkinkan para pemimpin mantap dalam mengambil sebuah keputusan. Bukan itu saja, mereka juga dapat memproyeksikan probabilitas hasil yang diharapkan.

Setelah membuat banyak keputusan sepanjang karir mereka, seorang pemimpin menjadi lebih tahan terhadap tekanan dan sangat intuitif dalam proses pembuatan keputusan terbaik dan strategis.

Selain mengambil keputusan, pemimpin sukses juga terus belajar dan mengasah instingnya. Mereka belajar penguasaan berbagai pola bisnis, menemukan peluang dalam situasi penuh tekanan, melayani bawahannya dan mengatasi berbagai kesulitan. Tak mengherankan para CEO terbaik digaji begitu mahal. Menurut The New York Times, pada tahun 2011 gaji untuk para CEO berada di kisaran US$ 14,5 juta.

Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin atau sudah memikul tanggung jawab sebagai seorang pemimpin, berikut 15 hal yang harus Anda lakukan setiap hari agar menjadi pemimpin sukses:

1. Membuat orang lain merasa aman

Kebanyakan para pemimpin mengintimidasi rekan kerja mereka dengan gelar dan kekuasaan. Pemimpin sukses melakukan hal sebaliknya, yaitu dengan mendorong orang lain untuk menyuarakan pendapat mereka.

Pemimpin sukses ahli dalam membuat orang lain merasa aman ketika berbicara dengannya saat berbagi perspektif dan sudut pandang. Mereka memanfaatkan keberadaan eksekutif untuk menciptakan sebuah lingkungan yang mudah didekati.

2. Membuat keputusan/kebijakan

Pemimpin sukses ahli dalam membuat keputusan. Mereka juga memfasilitasi dialog untuk memberdayakan rekan kerja mereka demi mencapai kesimpulan strategis atau melakukannya sendiri.

Mereka fokus pada “membuat hal ini terjadi” sepanjang waktu – mengambil keputusan yang mendukung kemajuan. Pemimpin sukses menguasai seni berpolitik dan tidak menyia-nyiakan waktu pada isu-isu yang mengganggu momentum.

3. Mengomunikasikan harapan

Pemimpin sukses adalah komunikator hebat. Mereka mengingatkan rekan kerja mereka tentang nilai-nilai inti bisnis dan pernyataan misi “harapan kinerja” – untuk memastikan bahwa visi mereka diterjemahkan dengan benar dan ditindaklanjuti dengan tepat.

4. Menantang orang untuk berpikir

Pemimpin sukses memahami pola pikir rekan kerja mereka, kemampuan serta area perbaikan. Mereka menggunakan pengetahuan atau pemahaman ini untuk menantang tim mereka berpikir. Jika Anda tidak berpikir, Anda tidak belajar sesuatu yang baru. Jika Anda tidak belajar, Anda tidak berkembang.

5. Bertanggung jawab kepada orang lain

Pemimpin sukses memungkinkan rekan kerja untuk mengelola pekerjaan mereka sendiri. Hal ini bukan berarti mereka membiarkan orang lain untuk mengontrol pekerjaan mereka sendiri, melainkan bertanggung jawab untuk memastikan mereka bersikap proaktif dengan kebutuhan rekan kerjanya.

Selain melakukan pendampingan dan mensponsori karyawan terpilih, bertanggung jawab kepada orang lain merupakan tanda bahwa pemimpin Anda lebih terfokus pada kesuksesan Anda.

6. Memimpin dengan teladan

Memimpin dengan memberi contoh atau teladan terdengar mudah, namun sangat sedikit pemimpin yang konsisten melakukan hal yang satu ini. Pemimpin sukses mempraktikkan apa yang mereka ajarkan serta sadar atas tindakan mereka. Mereka tahu semua orang memperhatikan, oleh karena itu mereka sangat intuitif  mendeteksi yang mengamati setiap gerakan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here