Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

12 Alasan Mendesak Perusahaan Harus Menggunakan Media Sosial

10 Pertanda Anda Kecanduan Media Sosial

Jika Facebook adalah sebuah negara, maka Facebook akan menjadi negara  dengan penduduk terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India. Menurut Expandedramblings.com, total jumlah pengguna Facebook hingga Juni 2013 mencapai 1,11 miliar pengguna. Berikut statistik menakjubkan yang menggambarkan betapa besar kerajaan Facebook:

  • Total jumlah pengguna Facebook: 1,11 miliar.
  • Pengguna aktif harian: 665 juta
  • Total jumlah laman Facebook: 50 juta
  • Total jumlah pengguna ponsel Facebook: 751 juta
  • Total jumlah aplikasi Facebook: 10 juta
  • Total jumlah koneksi teman Facebook: 150 miliar
  • Jumlah rata-rata teman per pengguna 141,5
  • Total jumlah like Facebook sejak pertama diluncurkan: 1,13 triliun
  • Rata-rata like harian Facebook 4,5 miliar

Orang-orang ini adalah calon pelanggan potensial, dan Anda dapat menjangkau mereka di media sosial. Karena memang di situlah mereka menghabiskan waktu.

Berikut 12 alasan mendesak mengapa perusahaan harus menggunakan media sosial:

Media sosial memungkinkan Anda untuk lebih mudah mendengarkan pelanggan

Ada atau tidak adanya Anda, orang-orang tetap akan berbicara tentang bisnis Anda di media sosial. Ada beberapa sumber daya gratis yang bisa Anda gunakan seperti Google Alerts dan Twitter Search. Dua alat tersebut memungkinkan Anda melihat apa yang orang katakan tentang perusahaan Anda.

Kemampuan untuk menyoroti keberhasilan perusahaan

Dengan media sosial, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi dengan pengikut Anda. Anda juga dapat memberitahu karyawan tentang klien dan mitra potensial. Misalnya, perusahaan telah melakukan kerja sosial membersihkan jalan raya pekan lalu.

Keberhasilan media sosial tidak terjadi dalam semalam

Mulailah sekarang juga, Anda tidak akan memiliki 1.000 pengikut atau like dalam semalam. Keberhasilan media sosial berasal dari jumlah percakapan kecil dari waktu ke waktu yang digabungkan bersama untuk menambahkan nilai.

Simpan nama perusahaan Anda

Orang lain bisa membuat akun media sosial dengan menggunakan nama perusahaan Anda. Jadi, sekalipun perusahaan Anda belum siap menggunakan situs media sosial baru seperti Google+ dan Pinterest, mendaftarkan akun perusahaan merupakan ide yang baik, sehingga Anda dapat mengamankan nama perusahaan di berbagai media sosial. Untuk menghindari kemarahan orang karena kurangnya aktivitas, Anda bisa menulis “Coming Soon” misalnya.

Media sosial adalah word of mouth

Pelanggan berbicara tentang Anda di media sosial meskipun tidak ada yang bereaksi terhadap percakapan. Biarkan orang melakukan penjualan untuk Anda. Jika Anda memberikan pelayanan yang baik maka orang akan memberitahu teman-teman mereka tentang hal itu.

Masukkan batas baru layanan pelanggan

Media sosial adalah cara baru untuk menyediakan layanan pelanggan. Ini memungkinkan orang menanyakan alamat, menceritakan kekhawatiran, atau memberikan saran dalam waktu 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Orang tidak menelepon toko ketika mereka memiliki masalah, mereka mengirim tweet.

Distribusi kupon lebih cepat, lebih murah, dan lebih efektif

Mengapa harus membuang-buang uang hanya untuk mencetak kupon ketika kita dapat mempublikasikan kupon secara gratis melalui media sosial? Memberikan kupon di media sosial memungkinkan pelanggan untuk berbagi dengan teman-teman mereka, ada kesepakatan Anda bisa go viral!

Merekrut karyawan lebih mudah

Media sosial dapat membantu perusahaan ketika merekrut karyawan baru. Anda dapat mem-posting lowongan pekerjaan di LinkedIn. Ini juga merupakan ide yang baik untuk melihat calon karyawan baru potensial sebelum Anda mempekerjakan mereka.

Partisipasi dalam media sosial GRATIS!

Membuat akun media sosial itu gratis dan bebas penggunaannya. Namun, mempekerjakan seseorang untuk mengelola media sosial perusahaan merupakan ide yang baik. Beberapa perusahaan besar seperti McDonald‘s memiliki tim untuk mengelola media sosial mereka.

Menjaga pelanggan saat ini dan mendapatkan pelanggan baru

Media sosial adalah cara yang bagus untuk mengembangkan bisnis. Anda dapat terhubung dengan pelanggan saat ini dalam sebuah platform yang biasa mereka gunakan. Selain itu, Anda juga dapat menjangkau calon pelanggan di media sosial.

Menjangkau generasi muda

Orang-orang muda ada di media sosial. Buku telepon, surat yang ditulis tangan dan surat kabar adalah semua hal di masa lalu. Jika Anda ingin menjangkau generasi berikutnya dari pelanggan dan karyawan, terlibat dengan media sosial sangatlah penting. Media sosial adalah bagaimana cara orang berkomunikasi. Jika Anda ingin menjangkau mereka. Kuasai media sosial!

Meningkatkan visibilitas perusahaan menggunakan media sosial

Keterlibatan media sosial jika dilakukan dengan benar akan mendorong perusahaan Anda menjadi pemimpin industri. Ini akan membantu Anda tidak hanya dalam meningkatkan brand awareness dan produk Anda, namun juga akan menempatkan Anda dalam posisi untuk memberikan saran kepada orang lain dalam industri Anda.

Sumber: 12most.com|Expandedramblings.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top