Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

10 Situs Belanja Online Paling Banyak Dikunjungi Orang Indonesia

Marketing – Persaingan situs belanja online di Indonesia masih menarik perhatian dari berbagai pihak. Portal diskon CupoNation merilis studi tentang toko online yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia selama 6 bulan terakhir terhitung dari periode Januari – Juni 2019.

Situs Belanja Online

Studi ini mengungkap 10 toko online terpopuler, baik dari perusahaan ecommerce lokal maupun internasional. CupoNation juga menganalisa sumber pengunjung yang datang dari versi mobile dan desktop, kemudian merangkingnya berdasarkan 2 kategori yakni: situs belanja online Indonesia, dan situs belanja online Indonesia dan internasional.

Situs belanja online yang paling banyak dikunjungi orang Indonesia

Meski beberapa situs belanja online international turut masuk dalam jajaran pasar ecommerce di Indonesia, namun perusahaan ecommerce dalam negri masih menguasai jumlah pengunjung website di 6 bulan terakhir. Tokopedia merupakan toko online yang paling banyak dikunjungi masyarakat yakni dengan total pengunjung selama 6 bulan sebanyak 805.5 juta, yang terbagi dari 630.8 juta pengunjung dari mobile dan 174.7 juta pengunjung desktop. Peringkat kedua masih dikuasai situs belanja online Indonesia yaitu Bukalapak dengan jumlah kunjungan mencapai 599.3 juta pengunjung selama 6 bulan.

Berikut adalah deretan 10 situs belanja online Indonesia dan internasional yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia dalam juta, yaitu:

Berikut adalah deretan 10 situs belanja online Indonesia yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia dalam juta, yaitu:

Orang Indonesia Lebih Suka Belanja Online Melalui Smartphone daripada Desktop

Setelah mengungkap deretan toko online yang memiliki jumlah kunjungan terbanyak di Indonesia. Hasil studi juga mengungkap bahwa 84,98% dari jumlah rata-rata pengunjung datang dari versi mobile dan hanya 15,02% dari desktop. Hal ini menunjukkan jika hampir seluruh online shopper di Indonesia lebih suka menggunakan smartphone daripada desktop saat berbelanja online.

Analisa dari 34 situs toko online ternama di Indonesia menunjukkan, rata-rata 85% dari pengunjung toko online di Indonesia berasal dari mobile, persentase ini 33 persen lebih besar dari rata-rata persentase pengunjung toko online versi mobile di dunia (52% di tahun 2018, menurut Statista).

10 ecommerce yang memiliki jumlah pengunjung versi mobile terbesar

Toko online yang menduduki peringkat pertama adalah Orami, dimana 99,06 persen dari pengunjungnya datang melalui mobile. Selanjutnya, ada Sophie Paris dengan jumlah kunjungan mencapai 98.28 persen. Berikut adalah deretan situs belanja online dengan jumlah pengunjung versi mobile terbesar yang jika diurut, adalah:

  1. Orami — 99,06%
  2. Sophie Paris — 98,28%
  3. Mothercare — 97,75%
  4. Orori — 97,67%
  5. Fabelio — 97,56%
  6. Laku6 — 97,43%
  7. Alfacart — 95,83%
  8. Asmaraku — 94,19%
  9. iLotte — 93,66%
  10. Matahari — 93,43%

10 ecommerce yang memiliki jumlah pengunjung versi dekstop terbesar

Dizaman yang serba canggih dimana hampir semua pengunjung situs belanja online di Indonesia datang dari mobile, namun masih ada beberapa toko online yang memiliki jumlah pengunjung desktop dengan persentase yang cukup tinggi seperti Zalora, dengan total pengunjung mencapai 49,02 persen.

Selanjutnya, sebagian dari pengunjung Blibli juga lebih memilih untuk menelusuri situs belanja online melalui desktop dengan jumlah presentasi hingga 42,14%. Berikut adalah 10 deretan situs belanja online yang memiliki jumlah pengunjung desktop terbesar yang jika diurut, adalah:

  1. Zalora — 49,02%
  2. Blibli — 42.14%
  3. Elevania — 36.78%
  4. Jakmall — 26.89%
  5. Weshop — 25.62%
  6. JD ID — 23.92%
  7. Ralali — 22.94%
  8. Jakarta Notebook — 22.57%
  9. Tokopedia — 21.69%
  10. PlazaKamera — 20.16%
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top