Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Tips Jitu Mempertahankan Karyawan Terbaik

marketing.co.id- Bajak-membajak karyawan saat ini sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, jika karyawan yang dibajak atau pindah merupakan karyawan yang penting bagi perusahaan, maka produktivitas perusahaan pun bisa terancam.

Biasanya, kepindahan mereka diiming-imingi gaji yang jauh lebih besar, remunisasi yang lebih baik, atau  perkerjaan baru yang mereka pilih jauh  lebih sesuai dengan apa yang menjadi keinginan mereka.

Kayawan yang memiliki niat pindah juga bisa jadi karena mereka menginginkan kesempatan yang lebih baik atau ingin menghindari tekanan yang negatif. Misalnya, ada konflik dengan rekan kerja, konfrontasi dengan atasan, atau pekerjaan yang terlalu membebani fisik dan psikis pekerja atau malah kurang menantang, jenuh, sampai membosankan.

Namun, ada baiknya anda menjadikan setiap pengunduran diri mereka sebagai kesempatan  untuk membetahkan dan memperbaiki semangat kerja karyawan. Buatlah wawancara kepada mereka yg telah mengundurkan diri, karena biasanya mereka yang telah mengundurkan diri dari perusahaan akan berkata lebih jujur tentang alasan mereka mengundurkan diri, karena mereka sudah tidak ada lagi ikatan finansial  alias bebas.

Anda dapat menggunakan segala informasi yang didapat dari wawancara tersebut untuk mengurangi laju pengunduran diri karyawan. Menjaga karyawan terbaik anda untuk bertahan dan menciptakan suasana kerja yang lebih menggairahkan.

Anne Bruce dalam bukunya “Rahasia tempat kerja  penuh semangat dan menyenangkan” memberikan saran untuk mempertahankan karyawan

Berikut 10 saran untuk mempertahankan karyawan:

  • Perlakukan para karyawan layaknya partner.
  • Utarakan tujuan dan harapan anda denga n jelas.
  • Utamakanlah pengembangan kinerja para karyawan, bukan pengawasan terhadap mereka
  • Berdayakan karyawan anda, percayailah pendapat dan akal sehat mereka.
  • Luangkan waktu untuk mengenali kebutuhan manusiawi karyawan anda.
  • Berinvestasilah dalam karyawan anda dan rangsanglah perkembangan personal dan ptofesional mereka.
  • Hargai partisipasi, ide-ide baru, dan pendekatan-pendekatan karyawan.
  • Hargailah kesalahan dengan menoleransi kesalahan dan eksperimen-eksperimen intelektual.
  • Pertahankan suasana kerja yang menyenagkan.
  • Aktifkan mekaanisme penghargan kerja karyawan.
1 Comment

1 Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    To Top