Marketing.co.id- Tahun 2012 akan segera berakhir. Mesin pencari tersohor di dunia, Google telah merilis data tentang apa yang paling sering ditelusuri oleh penggunanya di seluruh dunia.
Dari data kata pencarian yang dimasukan oleh penggunanya tersebut, Google mengklasifikasikannya ke dalam beberapa kategori. Khusus di Indonesia, Google membuat 11 kategori, yakni:
- Penelusuran
- Tokoh Indonesia
- Tokoh dunia
- Lagu Indonesia
- musisi
- Telepon
- Tim olahraga
- Model mobil
- Game
- Merek
- Maskapai
Anda bisa melihat 11 kategori tersebut dengan lengkap di http://www.google.co.id/zeitgeist/2012/#indonesia.
Tiap kategori masing-masing berisi 10 nama yang paling banyak dicari via google. Berikut 10 merek yang paling nge-tren di Google Indonesia sepanjang 2012:
- Lion Air
- Toko Bagus
- Sriwijaya Air
- Garuda Indonesia
- Air Asia
- Citilink
- BlackBerry
- BCA
- Bank Mandiri
- Batavia Air
Anda tentu penasaran bagaimana 10 merek tersebut dapat muncul sebagai merek paling dicari di mesin pencari Google. Ini dia caranya.
“Kami mempelajari kumpulan lebih dari satu triliun penelusuran (atau kueri) yang diketikkan oleh orang-orang ke dalam Google Search tahun ini. Kami menggunakan data dari berbagai sumber, termasuk Google Trends dan alat data internal. Kami memfilter spam maupun kueri yang sama agar daftar yang kami buat mencerminkan tahun 2012 seakurat mungkin,” begitu keterangan Google dalam situsnya.
Bagaimana dengan merek favorit Anda? Apakah termasuk dalam 10 terbesar tersebut?