Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

10 Iklan yang Paling Banyak Ditonton di YouTube 2014

Iklan tak lagi harus membosankan dan berisi tentang produk-produk dan layanan sebuah bisnis. Terbukti iklan yang populer adalah iklan yang relevan, engaging dan membuat target ingin terus menonton karena konten yang ‘menantang’ dan menarik.

Iklan Nike bertemakan World Cup mengalahkan kepopuleran iklan lain di YouTube sepanjang 2014. Iklan-iklan Nike menempati urutan pertama dan kedua sebagai iklan video yang paling banyak dilihat pada daftar YouTube Ads Leaderboard tahun ini.

Iklan Budweiser yang menampilkan anjingnya “Puppy Love” pada event Super Bowl menempati urutan ketiga dan urutan kesembilan ditempati oleh iklannya yang berjudul “Friends Are Waiting”.

Kesepuluh iklan teratas ini telah ditonton total 425 juta kali dan terhitung 100 triliun menit total waktu yang dihabiskan untuk menontonnya (setara dengan 1900 tahun lamanya). Angka tersebut lebih tinggi 54% daripada tahun lalu. Durasi iklan-iklan tersebut juga lebih lama 47% tahun ini dengan rata-rata durasi tiga menit. Ya, iklan tak lagi berdurasi tiga puluh detik.

Iklan-iklan ini mampu memikat penonton untuk tak sekadar menonton tetapi juga terlibat dalam cerita yang disajikan, bahkan ‘menantang’ penonton untuk kritis dalam menilai norma sosial. Contohnya iklan Always “#LikeAGirl” yang mendapatkan 300,000 likes, share dan komentar dalam waktu 30 hari pascarilis di YouTube.

Kesepuluh iklan ini mengingatkan kita kembali bahwa iklan adalah sebuah seni yang dirakit sedemikian rupa untuk meningkatkan brand awareness dan keterlibatan target pasar dengan merek yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan sales.

Berikut 10 iklan teratas dalam daftar YouTube Ads Leaderboard:

  1. Nike Football “Winner Stays” 98,4 juta kali

https://www.youtube.com/watch?v=3XviR7esUvo

  1. Nike Football “The Last Game” 73,3 juta kali
  2. Budweiser “Puppy Love” 53,4 juta kali
  3. Always “#LikeAGirl” 53,3 juta kali
  4. Devil’s Due “Devil Baby Attack” 48,8 juta kali
  5. Duracell “Trust Your Power: Derrick Coleman” 22,7 juta kali
  6. Samsung Galaxy Note 4 “Then and Now” 22,1 juta kali
  7. Procter & Gamble “Pick Them Back Up” 19,7 juta kali
  8. Budweiser “Friends Are Waiting” 19,5 juta kali
  9. Heineken “The Payphone with Fred Armisen” 13.8 juta kali
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top