Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

[Studi + Infografik] Tokopedia Terdepan, Shopee Geser Bukalapak

Marketing – Persaingan situs belanja online di Indonesia semakin ketat dimana berbagai platform ecommerce di Indonesia melakukan berbagai cara agar menjadi pilihan utama pengguna.

Situs berhemat CupoNation merilis studi tentang situs belanja online yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2019.  Studi ini mengungkap 10 situs belanja online terpopuler, baik dari platform ecommerce lokal maupun Internasional. Di samping itu, CupoNation juga menganalisa sumber pengunjung yang datang dari versi desktop maupun web mobile.

Situs belanja online paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia

Meski beberapa situs belanja online international turut masuk dalam jajaran pasar ecommerce di Indonesia, namun platform ecommerce dalam negeri masih menguasai jumlah pengunjung website di sepanjang tahun 2019.

Tokopedia merupakan toko online yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia yakni dengan total pengunjung mencapai 1,2 miliar  yang terbagi dari 863.1 juta pengunjung dari web mobile dan 329.8 juta pengunjung dari desktop. Peringkat kedua dikuasai situs belanja online internasional yaitu Shopee dengan jumlah kunjungan mencapai 837.1 juta mengalahkan Bukalapak dengan 823.5 juta pengunjung.

Berikut 10 situs belanja online Indonesia dan internasional yang diurut berdasarkan jumlah trafik terbesar di tahun 2019

Berikut adalah deretan 10 situs belanja online Indonesia yang diurut berdasarkan jumlah trafik terbesar di tahun 2019

Masyarakat Indonesia lebih gemar berbelanja online melalui mobile daripada desktop

Setelah mengungkap deretan situs belanja online dengan jumlah kunjungan terbanyak di sepanjang tahun 2019 di Indonesia. Hasil studi juga mengungkap bahwa 77.15% dari jumlah pengunjung di tahun 2019 datang dari versi web mobile dan hanya 22.85% datang dari desktop. Hal ini menunjukkan jika hampir seluruh online shopper di Indonesia lebih menyukai belanja online dengan menggunakan smartphone daripada desktop.

10 ecommerce yang memiliki jumlah pengunjung web mobile terbesar

Situs belanja online yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah trafik web mobile terbanyak adalah Orami, dimana 97.55 persen dari total pengunjung datang dari web mobile. Peringkat selanjutnya diduduki oleh Sophie Paris dengan trafik dari web mobile mencapai 97.43 persen dari total kunjungan. Berikut adalah deretan situs belanja online dengan jumlah pengunjung versi mobile terbesar yang jika diurut, adalah:

  1. Orami — 97.55 persen
  2. Sophie Paris — 97.43 persen
  3. Laku6 — 96.27 persen
  4. Fabelio — 95.75 persen
  5. Mothercare — 95.36 persen
  6. Orori — 95.28 persen
  7. Matahari — 92.36 persen
  8. Asmaraku — 92.17 persen
  9. iLotte — 91.22 persen
  10. Hijup — 91.03 persen
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top